Selasa, 17 Desember 2013

Bakti Sosial Profesi Ners UPN 'Veteran'

poto ilustrasi

"Kami mengadakan baksos kali ini karena di sini angka kolestrol, tekanan darah, gula darah dan asam urat tinggi. Langkah awalnya, kami mencoba melakukan pemeriksaan gratis," jelas Natalia Sembiring, Ketua Umum Program Profesi Ners 2013-2014, Universitas Pembangun Nasional 'Veteran' Jakarta, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan di di RW 04, Kelurahan Grogol, Limo, Depok, Jawa Barat, baru-baru ini.

Bakti sosial profesi Ners UPN 'Veteran' Jakarta yang bekerjasama dengan Puskesmas Limo, Depok, Jawa Barat ini sengaja memilih RW 04 Kelurahan Grogol, Limo, Depok, Jawa Barat karena bagian dari desa binaan. Sejauh ini, UPN mendukung kegiatan bakti sosial tersebut.

Natalia mengatakan, "Kami angkatan keenam, lebih dari 50 orang. Semua biaya dari kampus. Untuk angkatan ke-6, beberapa kali acara dan kami rutin setiap satu tahun menggelar kegiatan semacam ini."

Natalia lantas menjelaskan, tujuan baksos lebih memberdayakakan masyarakat agar bisa sehat dan mandiri. "Tujuannya memperkaya pengetahuan masyarakat mengenai peranan pentingnya kesehatan, agar masyarakat sadar hidup sehat yang berkualitas," terang Natalia.

"Sementara bagi kami, baksos kali ini sebagai sarana merealisasikan bakat dan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh setiap mahasiswa. Selain itu, juga melatih diri agar lebih bertanggung jawab terhadap masyarakat, terutama dalam hal peningkatkan kesehatan," imbuh Natalia.

Berdasarkan data yang terkumpul dari 150 warga, untuk lansia mendapatkan pemeriksaan terkait penyakit asam urat, rematik dan migren. Sedangkan untuk ibu hamil, lebih mengajarkan bagaimana teknik relaksasi saat hamil dengan benar.

"Untuk balita kami mengajarkan bagaimana mengatasi diare pada bayi dan anak. Untuk remajanya, kami jadikan mereka sebagai kelompok 'peduli kesehatan remaja," kata Natalia.

Tak hanya itu, bakti sosial profesi Ners UPN 'Veteran' Jakarta juga mensosialisasikan obat herbal. Tujuannya agar tak membiasakan makan obat warung saat sakit.

"Cara herbal, kami mengajarkan menanam di apotik hidup. Kami memberitahukan ukuran dan takaran sesuasi penyakit. Binahong, sambiloto, daun salam, daun saga adalah yang kami anjurkan untuk ditanam," papar Natalia. [aji]

Sumber : inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar